TNUK Mencuri Perhatian Dunia Internasional

Keberhasilan Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) berhasil mencuri perhatian dunia internasional. Perhatian itu diperoleh atas keberhasulan TNUK dalam mengelola dan memanfaatkan kawasan serta pemberdayaan masyarakat di sekitar hutan.

Kepala Balai TNUK Pandeglang Agus Priambudi menjelaskan belum lama ini petugas dari Taman Nasional Cat Tien Vietnam datang untuk mempelajari cara pengelolaan dan pemanfaatan kawasan taman nasional itu.

“Usaha kita dalam menjaga dan menfaatkan TNUK dinilai berhasil, sehingga pengelola taman nasional vietnam itu tertarik untuk mempelajarinya,” katanya di Pandeglang, Selasa, 5 April 2011.

Para petugas dari Cat Tien Vietnam itu, kata dia, selain melakukan diskusi dengan petugas dari Balai TNUK juga berkunjung ke kawasan tanam nasional, guna melihat secara langsung di lapangan.

“Mereka berada di wilayah TNUK selama dua minggu, dan selama berada di lokasi mereka akan mempelajari mengenai apa yang sudah kita lakukan dalam pengelola TNUK dan pemberdayaan masyarakat yang ada di sekitar TNUK,” katanya.

Agus juga menjelaskan, para petugas dari Cat Tien sangat tertarik dengan pemanfaatan kawasan TNUK sebagai objek wisata, namun tetap mempertahankan kondisi kawasan.

“Mereka juga tertarik dengan pembentukan Lembaga Konservasi Desa (LKD) yang kita lakukan, sebagai bagian pelestarian dan pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan,” ujarnya.

Balai TNUK selama ini melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilandasi adanya kesepakatan antara Balai TNUK dengan masyarakat setempat dalam pengelolaan hutan partisipasi yang dilaksanakan LKD.

“Dengan adanya kesepakatan itu, maka semua pihak diuntungkan. Kita diuntungkan karena warga yang kut menjaga kelestarian hutan sementara masyarakat untuk mendapatkan bantuan,” katanya.

Dampak LKD terhadap TNUK terjalinnya hubungan yang harmonis antara masyarakat dengan TNUK serta terbangunnya kesadaran masyarakat untuk melindungi dan mengamankan kawasan TNUK.

“Dengan adanya LKD juga bisa mengurangi tingkat gangguan dan pelanggaran dibidang kehutanan. Lembaga ini juga berfungsi sebagai kontrol terhadap aktivitas perambahan dalam kawasan taman nasional itu,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s